Minggu, 26 Januari 2014

Bahaya Suka Mengunyah Es Batu

      Siang gan, ada info terbaru nih seputar kesehatan, ga basa basi lagi nih,

      Bermula saat kebiasaan saya ini muncul, saya terbiasa menguyah es batu ketika saya memesan minuman dan masih bersisa es batu, saya memakan es batu tersebut. Saya tahu hal ini tidak begitu baik, walau saya sendiri tidak begitu paham apa bahayanya. Karena rasa penasaran, akhirnya dengan segera saya ketikan bahaya mengunyah es batu di browser saya, dan muncullah artikel ini. Semoga bemanfaat  ..
      Bagi sebagian orang, menggigit es batu pasti akan terasa ngilu. Namun bagi sebagian yang lain, menggigit atau bahkan mengunyah es batu justru terasa mengasyikkan.
Ketika minuman di dalam gelas sudah habis, orang ini lantas dengan asyik mengunyah es batu yang tersisa, menimbulkan suara gemerutuk. Sebagian orang mungkin hanya menikmati mengunyah sesuatu yang dingin di dalam mulut. Ada juga yang lain menyukainya karena ada rasa dingin yang tiba-tiba muncul, menggantikan rasa panas di dalam mulut. Nah, apa jadinya jika menguyah atau memakan es batu menjadi suatu kebisaan kita ? dan apakah itu merupakan gejala masalah kesehatan ? jawabannya adalah iyah. Mengapa ? karena akibat dari mengunyah es batu maka secara langsung akan merusak gigi dan mengikis enamel gigi, begitu menurut Dr Igal Elyassi, ahli kosmetika gigi dan pemilik Wilshire Smile Studio Dental Group di Los Angeles. Dan menurut Elyassi, kerusakan itu akibat aktivitas gigi dalam upaya memecahkan substansi yang keras dalam waktu lama. Akibatnya, gigi yang terkena bisa menjadi lebih pendek. Atau, ketika Anda mengunyah es dalam jumlah banyak, bisa-bisa seluruh gigi Anda bisa rontok. 
     Pada situs MSN, Elyassi mengatakan bahwa sebenarnya kebiasaan ini tidak sulit dihentikan. Ia menyarankan untuk mengganti es batu dengan minuman yang dingin. Sementara itu, gigi yang rusak bisa diatasi dengan pemakaian pelapis atau jaket gigi.
     Nah, untuk para pembaca, sebaiknya mengurangi kebiasaan menguyah dan memakan es batu agar kesehatan kita terjaga, oke ? .. 

Tidak ada komentar: