Minggu, 19 Januari 2014

Karya Ilmiah

Pengertian Karya Ilmiah Menurut Para Ahli

  1. Menurut Munawar Syamsudin (1994), tulisan ilmiah adalah naskah yang membahas suatu masalah tertentu, atas dasar konsepsi keilmuan tertentu, dengan memilih metode penyajian tertentu secara utuh, teratur dan konsisten. 
  2. Yamilah dan Samsoerizal (1994 : 90) memaparkan bahwa ragam karya ilmiah terdiri atasbeberapa jenis berdasarkan fungsinya. Menurut pengelompokan itu , dikenal ragam karya ilmiahseperti ; makalah, skripsi, tesis, dan disertasi. 
  3. Eko Susilo, M. 1995:11 mengutarakan bahwa karya ilmiah adalah uuatu karangan atau tulisan yang diperoleh sesuai dengan sifat keilmuannya dan didasari oleh hasil pengamatan, peninjauan, penelitian dalam bidang tertentu, disusun menurut metode tertentu dengan sistematika penulisan yang bersantun bahasa dan isinya dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya/ keilmiahannya. 
  4. Drs.Totok Djuroto dan Dr. Bambang Supriyadi dijelaskan bahwa karya ilmiah merupakan serangkaian kegiatan penulisan berdasarkan hasil penelitian, yang sistematis berdasar pada metode ilmiah, untuk mendapatkan jawaban secara ilmiah terhadap permasalahan yang muncul sebelumnya.
  5. Menurut Hery Firman, karya ilmiah adalah laporan tertulis dan di publikasikan dipaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.
Dari beberapa pengertian tentang karya ilmiah diatas dapat disimpulkan bahwa Karya ilmiah adalah karya tulis hasil pengembangan pemikiran seseorang mengenai ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya berdasarkan sumber-sumber kepustakaan yang terkait atau disertai dengan teori-teori yang mendukung.

Manfaat dan Tujuan Penulisan Karya Ilmiah
  1. Melatih keterampilan mengembangkan ide atau gagasan 
  2. Membantu mengembangkan potensi yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah dalam bentuk karya ilmiah
  3. Melatih kemampuan menulis ilmiah dan berfikir ilmiah
  4. Membantu menambah wawasan kita terhadap pokok pembahasan dalam karya ilmiah teersebut



Ciri-ciri dan Jenis-jenis Karya Ilmiah

A.    Ciri-ciri Karya Ilmiah
Dalam karya ilmiah terdapat 4 ciri-ciri atau karakteristik, diantaranya:
1.       Penggunaan Bahasa
Bahasa yang digunakan dalam karya ilmiah adalah bahasa baku dan kalimat-kalimat yang efektif dengan struktur yang baku.
2.       Struktur Sajian Karya Ilmiah
Struktur sajian karya ilmiah tersusun secara sistematis yang terdiri dari bagian awal (pendahuluan), bagian inti (pokok pembahasan), dan bagian penutup.
3.       Komponen dalam Karya Ilmiah
Komponen yang terdapat pada karya ilmiah bervariasi, bergantung pada jenis karya ilmiahnya. Namun semua karya ilmiah mengandung pendahuluan, bagian inti, penutup, dan daftar pustaka.
4.       Sikap Penulis
Sikap penulis dalam karya ilmiah adalah bersifat objektif dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti serta dengan menggunakan kalimat pasif tanpa menggunakan kata ganti orang.

B.     Jenis-jenis Karya Ilmiah
Adapun jenis karya ilmiah, diantaranya:
1.       Artikel
Artikel adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan (melalui koran, majalah, buletin, dsb) dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur.[1]
2.       Makalah
Makalah adalah karya tulis ilmiah yang membahas pokok masalah tertentu yang tercakup dalam ruang lingkup tertentu yang mendalam.[2] Makalah diartikan sebagai karya akademis yang biasanya diterbitkan atau dipublikasikan pada jurnal yang bersifat ilmiah.[3]Makalah biasanya disajikan untuk pertemuan formal, atau untuk disajikan dalam jurnal.
3.       Skripsi
Skripsi adalah karya tulis mahasiswa sebagai syarat untuk mendapat gelar sarjana (S1). Proses pengerjaan skripsi biasanya dibantu oleh dosen pembimbing. Dosen pembimbing disini berperan mengawal dalam pembuatan skripsi sehingga mahasiswa mampu mempertahankannya dalam ujian skripsi.
4.       Tesis
Tesis adalah karya ilmiah yang ditulis untuk menyelesaikan studi program tingkat strata dua (S2). Tesis ini lebih berbobot dan lebih tajam pembahasannya dibanding dengan skripsi. Dan proses pengerjaan tesis juga dibantu oleh dosen pembimbing yang membedakan hanya isi dalam masing-masing karya ilmiah.
5.       Disertasi
Disertasi adalah karya ilmiah yang ditulis dalam rangka penyelesaian studi pada tingkat Strata Tiga (S3) yang dipertahankan di depan sidang ujian promosi untuk memperoleh gelar Doktor (Dr.). Mahahasiswa (S3) harus mampu (tanpa bimbingan) menentukan masalah, berkemampuan berpikikir abstrak serta menyelesaikan masalah praktis. Disertasi memuat penemuan baru, pandangan baru yang filosofis, dan metode baru tentang sesuatu sebagai cerminan pengembangan ilmu yang dikaji dalam taraf yang tinggi.




REFERENSI


[1] http://www.artikelbagus.com/2011/12/pengertian-artikel.html
[2] http://contohmakalahpendidikan.blog.com/pengertian-makalah/
[3] http://www.bestektur.com/2013/05/arti-dan-pengertian-makalah-serta.html
http://dwimarlenipratiwi.blogspot.com/2010/03/definisi-mengenai-karya-ilmiah.html
http://26-arsip-2007.blogspot.com/2013/01/pengertian-tulisan-karya-ilmiah.html

Tidak ada komentar: