Sabtu, 25 Januari 2014

Cara Mengatasi Kinerja BB yang Lemot

     
Sore gan ane mau posting lagi nih, kali ini ane mau posting mengenani cara mengatasi kinerja BB yang lemot, langsung aja gan baca artikelnya cekidot .. 
   Sekarang ini HP smartphone semakin banyak digunakan oleh masyarakat luas. Blackberry merupakan salah satu HP smartphone. Penggunaan blackberrypun sudah banyak. Kecanggihan yang disuguhkan dari HP smartphone (BB) tersebut membuat masyarakat tertarik untuk menggunakannya. Sebagai alat komunikasi, HP smartphone menjadi (BB) salah satu pilihan masyarakat dikarenakan kecanggihannya dalam membantu mereka memudahkan aktivitas komunikasi dengan yang lainnya. Namun, disamping kecanggihan yang ditawarkan, HP smartphone (BB) juga memiliki kekurangan yaitu lemot atau lambannya kinerja yang dimiliki. Lambannya kinerja BB dapat disebabkan oleh beberapa hal. 
• BB saya lemot dan suka muncul jam pasir (jam merah), itu kenapa ? 

       Bisa jadi karena memori aplikasinya penuh. Karena sistem kerja BB menyimpan data pada kartu memori sementara agar bisa digunakan kembali sehingga data tersebut bisa segera muncul. Semakin banyak kapasitas memori yang tidak tepakai, maka semakin cepat kinerjanya. 
• Gimana sih caranya agar memori tidak penuh ? Begini nih, caranya: 
    1. Soft Reset 
       Fungsinya untuk mengembalikan sisa memory aplikasi. Caranya tekan Alt + aA + Del secara bersamaan hingga lampu mati dan handset merestart sendiri. Bisa juga menggunakan aplikasi QuickPull dari BlackBerry App World. 
    2. Hard Reset (cabut baterai) selama 1-2 menit 
    Fungsinya untuk membuang sisa-sisa file akibat pemakaian aplikasi (chatting, browsing, dll). Cara ini juga menghapus daftar telepon masuk/keluar/miss call (Call Log) di handset. Pastikan nomor telepon penting di Call Log ini disimpan terlebih dahulu sebelum melakukan Hard Reset. 
• Apa ada cara lain agar kinerja BB saya optimal ? 
   1. Memory Cleaning 
    Caranya masuk ke Options > Security Options > Advanced Security Options > pilih fitur Memory Cleaning dan pilih Enable untuk mengaktifkannya
    2. Cache Cleaning di Browser 
   Caranya buka Browser > tekan menu BlackBerry > Pilih Options > Pilih Cache Operations > Tekan semua 4 macam Clean Memory, lalu Close. 
• Bagaimana caranya cek memori HP yang sudah penuh ? 
     Gampang banget nih caranya, tekan Alt + aA + H secara bersamaan. Nah, jika sudah terlihat berapa kapasitas file freenya, agar kinerja BB tidak lamban, jaga besarnya kapasitas file free tidak dibawah 20 MB. 
• Saya ingin menghapus aplikasi yang tidak terpakai, gimana caranya ? 
     Pilih Options > pilih Applications > pilih aplikasi yang akan dihapus > tekan tombol logo BlackBerry > Delete
Sekian dulu gan, semoga bermanfaat yah, 
Selamat Mencoba !!

Tidak ada komentar: